Saturday, April 7, 2012

ANJURAN & PANTANGAN PENDERITA KANKER PAYUDARA

 
Ada beberapa hal yang dapat meningkatkan resiko kanker payudara, antara lain usia, riwayat kesehatan, faktor keturunan, faktor hormonal seperti menstruasi pertama terlalu cepat dan menopause dini. Selain itu upaya menunda kehamilan atau kehamilan pertama terjadi di atas usia 30 tahun juga bisa meningkatkan resiko. Gaya hidup yang tidak sehat, misalnya sering mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jahat, atau kurang berolahraga, juga dapat memperbesar resiko terserang kanker payudara.

MAKANAN YANG BOLEH DIKONSUMSI :
Akan lebih baik apabila banyak mengkonsumsi sayur dan buah lebih banyak dari biasanya. Sayuran yang disarankan kubis, leunca, lobak, buncis,wortel, pare, brokoli, sambung nyawa dan bawang putih.

Selain itu buah yang disarankan apel malang, jeruk, pepaya, tomat, jambu biji merah, melon dan semangka. Setiap hari mengkonsumsi wortel dan apel malang sehari satu kilogram.

Menu makanan harus serba rebus. Sebaiknya sering mengkonsumsi kedelai serta produk olahannya, seperti tahu, tempe, dan susu kacang kedelai, sebab kedelai mengandung phyto estrogen, yaitu genistein, yang bermanfaat untuk mengurangi resiko terjadinya kanker payudara.


Terdapat pula beberapa bahan makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin. Konsumsinya boleh hanya satu jenis bahan saja atau campuran dari beberapa bahan. Jika kita sedang terserang kanker payudara, dianjurkan untuk meminum jus bahan-bahan makanan berikut, lakukan dua kali satu gelas setiap hari.
1. Tomat
2. Wortel
3. Lobak
4. Pisang raja
5. Belimbing manis
6. Seledri
7. Brokoli
8. Kubis
9. Apel
10. Bawang putih

Minum juga susu kedelai setengah gelas, lakukan dua kali sehari, atau konsumsi selalu 100 gram tempe setiap hari.
Aneka Sayuran Hijau Pencegah Kanker:
1. Buncis
2. Daun singkong
3. Kacang panjang
4. Daun pepaya

Makanan yang TIDAK BOLEH DIKONSUMSI
Berpantang makanan daging sapi, kambing dan ayam negeri. Sayur taoge, sawi putih, dan cabe tidak boleh dikonsumsi. Juga makanan yang dibakar, mengandung vetsin dan diawetkan. Selain itu tidak boleh makan buah durian, nangka, lengkeng, duku dan anggur. Minuman yang dingin, bersoda dan mengandung alkohol juga harus dihindari. Udang, Cumi, kerang, kepiting tidak boleh di makan juga, kurangi garam, ikan asin, tape, coklat, nenas.

No comments:

Post a Comment